Contoh Surat Lamaran Kerja beserta Cara menulisnya yang Baik dan Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja – Ada banyak contoh surat lamaran kerja yang bersebar di internet yang bisa kamu gunakan, tapi tentu saja anda harus memilah mana yang menurut anda bagus dan cocok untuk digunakan.

Seperti yang anda ketahui bahwa pekerjaan merupakan hal yang sangat penting dikarena semua orang pasti dituntut untuk memenuhi kebutuhan mereka masing-masing apalagi yang sudah berkeluarga. Bagi anda yang baru lulus sarjana atau baru lulus sekolah entah itu SMA atau SMK, memahami tips menulis surat lamaran kerja perlu anda lakukan agar anda tidak asal-asalan membuat surat kerja nanti.

contoh surat lamaran kerja
contoh surat lamaran kerja

Banyak orang yang beranggapan bahwa menulis surat lamaran kerja itu sangat mudah, namun menulis surat lamaran kerja jangan serta merta dianggap remeh karena surat lamaran kerja merupakan “pandangan pertama” bagi pihak HRD untuk memastikan anda memang layak atau tidak bekerja di perusahaan mereka. Untuk itu anda perlu menyimak beberapa tips menulis surat lamaran kerja berikut ini yang disarankan diaryagustina.wordpress.com :

1. Gunakan bahasa yang baik

Sudah menjadi kewajiban bagi pelamar kerja untuk menggunakan bahasa yang baik dan ejaan yang benar ketika hendak menulis surat lamaran kerja. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa surat lamaran kerja maupun CV merupakan pandangan pertama yang perlu anda perhatikan betul-betul dan jangan samai anda anggap remeh.

Jangan sampai anda menggunakan bahasa alay atau gaul ataupun sok akrab ketika menulis surat lamaran kerja karena hal tersebut tentu saja menjadi buruk di mata HRD.

2. Tulis dengan manual

Meskipun teknologi semakin maju dan anda bisa saja menggunakan email untuk melamar pekerjaan, tapi menulis surat lamaran pekerjaan secara manual lebih terlihat bagus. Tapi jika memang perusahaan menginginkan lamarannya dikirim secara online, anda harus tetap mengikuti syarat dan ketentuan yang dibuat oleh perusahaan yang anda ingin bekerja disana.

Tapi begitu banyak perusahaan yang cenderung lebih menyukai tulisan manual ketimbang harus online, karena pihak HRD dapat menilai sifat psikologis seseorang hanya dengan membaca tulisan mereka.

Sebelum anda hendak menulis surat lamaran kerja, pastikan anda sudah belajar bagaimana cara menulis yang rapi dan enak dibaca. Jangan sampai anda tulisan anda seperti cakar ayam yang sangat sulit sekali dimengerti, hehehe.

3. Selalu gunakan kalimat sopan dan santun

Seperti yang sudah saya katakan pada poin nomer satu bahwa anda harus menggunakan bahsa yang baik dan benar, bukan bahasa yang sok akrab seperti “Hi bro, gue mau ngelamar kerja nih”. Tentu saja kalimat tersebut tidak enak didengar dan jangan pernah anda melakukannya ketika menulis surat lamaran kerja.

Itulah tips menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar, untuk contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar sudah banyak di internet, kalau ada kesempatan saya akan membagikannya pada blog ini.

Artikel menarik lainnya:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s