Contoh CV atau Curriculum Vitae dan Tiga Hal yang Perlu Perhatikan Ketika Menulis CV

Contoh CV atau Curriculum Vitae – Sama halnya dengan surat lamaran kerja, CV merupakan hal penting yang harus anda perhatikan ketika menulis surat lamaran kerja. CV ini isinya berupa data diri anda seperti nama lengkap anda, tempat tanggal lahir anda, asal sekolah anda dan lain sebagainya.

CV yang anda kirim harus bernilai dan menarik agar pihak HRD tertarik untuk merekrut anda bekerja pada perusahaan mereka.

Dari sekian banyak orang yang menulis CV, tidak banyak dari mereka yang tidak memperhatikan daya tarik CV tersebut. Mungkin anda sering diajarkan waktu mengenyam di bangku SMK bagaimana sih cara menulis surat lamaran pekerjaan dan CV yang baik dan benar, jadi mungkin anda yang lulusan SMK sudah lebih dulu tahu seperti apa contoh CV yang baik dan benar.

contoh cv
contoh cv

Untuk anda yang masih bingung bagaimana sih cara menulis CV yang baik dan benar, anda terlebih dahulu harus memperhatikan tujuh hal ini ke dalam CV anda:

1. Data pribadi

Hal pertama yang wajib anda tulis pada CV adalah data pribadi anda. Dalam data pribadi ini bisa ditulis identitias pribadi anda seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk menyertakan nomor yang bisa dihubungi, jangan sampai anda menulis nomor HP yang salah karena hal tersebut bisa berakibat fatal.

2. Deskripsi diri

Pada deskripsi diri ini bisa anda jadikan kesempatan untuk mencantumkan apa saja yang menjadi kelebihan dan keahlian anda agar pihak HRD benar-benar yakin bahwa andalah yang perusahaan cari. Anda bisa menuliskan emapt sampai lima paragraf yang benar-benar menarik hati pihak HRD.

Tapi perlu anda perhatikan, kelebihan dan keahlian yang anda tulis memang benar-benar anda kuasai bukan hanya sekedar kebohongan belaka yang hanya akan membuat anda menyesal nantinya, jangan sampai berbohong ya.

3. Pengalaman

Nah pada bagian ini anda bisa menuliskan pengalaman anda yang berhubungan dengan posisi yang anda lamar pada perusaan dituju. Dengan adanya pengalaman ini, anda dapat memberikan gambaran terhadap perusahaan tempat anda melamar pekerjaan.

Tapi jika anda baru lulus, anda bisa menyertakan pengalaman kerja anda dalam organisasi seperti OSIS, karangtaruna dan lain sebagainya.

4. Prestasi

Jika anda mempunyai prestasi, sangat disarankan anda menyertakannya. Prestasi yang disertakan disarankan yang tingkat nasional atau provinsi, bukan prestasi lomba-lomba di desa anda waktu merayakan hari Kemerdekaan Indonesia, hehehe.

Itulah 3 hal yang perlu anda perhatikan ketika menulis CV yang baik dan benar. Dengan memperhatikan 3 hal tersebut, anda pasti memiliki gambaran seperti apa contoh CV yang baik dan benar. Tetap kunjungi terus blog diaryagustina.wordpress.com untuk mendapatkan informasi bermanfaat lainnya.

Artikel menarik lainnya:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s