Contoh Makalah dan Baimana Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Contoh Makalah – Mungkin besok waktunya anda mengumpulkan makalah yang sudah sejak lama belum anda selesaikan juga. Karya tulis atau makalah yang menarik harus terdiri dari ide atau informasi diambil dari berbagai sumber dan referensi terpercaya. Apa saja yang perlu anda perhatikan ketika menulis sebuah makalah?

contoh makalah
contoh makalah

1. Pemilihan topik

Topik merupakan tema dari sebuah makalah. Topik ini juga dapat diambil dari uraian yang sudah dijelaskan pada latar belakang sebuah makalah. Topik yang nantinya anda pilih pada sebuah makalah harus menarik, informatif dan diambil dari referensi yang terpercaya.

Anda bisa mengambil topik apa saja yang bisa dijadikan untuk membuat makalah, meski demikian topik yang paling umum untuk sebuah makalah anda topik mengenai agama, biologi, kesehatan, teknologi dan lain sebagainya.

2. Pemilihan bahasa yang tepat

Selain pemilihan topik, anda harus memperhatikan juga pemilihan bahasanya. Jika anda berencara membuat makalah yang diterima oleh dunia internasional, maka anda perlu menggunakan bahasa inggris dalam membuatnya dikarena bahasa inggris merupakan bahasa internasional di dunia saat ini. Namun jika anda ingin membuat makalah dalam bentuk bahasa indonesia, maka gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar,sesuai EYD yang berlaku.

Dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar, maka kualitas sebuah makalah juga ikut baik. Pemilihan kata juga perlu anda lakukan untuk menyampaikan kepada pembaca tentang suatu hal agar dapat dipahami dengan baik oleh mereka. Jangan sampai anda menggunakan bahasa yang bertele-tele ketika membuat makalah karena hal tersebut sangat tidak dianjurkan sama sekali.

Susunan makalah yang paling umum antara lain:

  1. Cover
  2. Abstrak
  3. Daftar Isi
  4. Kata Pengantar
  5. Pendahuluan
  6. Latar Belakang
  7. Rumusan Masalah
  8. Tujuan Pembahasan
  9. Isi
  10. Kesimpulan
  11. Saran
  12. Penutup
  13. Daftar Pustaka

Ketika anda membuat makalah, pastikan ukuran kertas yang digunakan adalah A4 dan jenis font yang digunakan adalah Arial dengan ukuran font 10.

Mengenai margin halaman, untuk sebelah kiri ukuran 4 dan atas, kanan dan bawah berukuran 3.

Untuk memberikan catatan kaki, anda juga harus memperhatikannya. Catatan kaki merupakan penjelasan mengenai sesuatu yang terdapat pada teks artikel. Catatan kaki ini umumnya diletakkan di bagian bawah halaman dan diberi nomor catatan kakinya yang letaknya juga tetap dihalaman yang dimaksud. Agar anda tidak bingung, contohnya seperti ini :

1Gorys Keraf, Diksi dan Gaya Bahasa, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1999, hlm. 8.

Mungkin itu saja yang perlu anda perhatikan ketika hendak membuat sebuah makalah. Saya sudah menjelaskan struktur dan tips-tips menulis makalah dengan baik dan benar, sekarang anda pasti sudah mempunyai gambaran sendiri bagaimana sih contoh makalah yang baik dan benar setelah membaca artikel ini di blog diaryagustina.wordpress.com.

Artikel menarik lainnya:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s